Manfaat donor darah ternyata tidak hanya dirasakan oleh si penerima donor darah loh. Si pendonor juga dapat merasakan banyak sekali manfaat dari mendonorkan darahnya. Apalagi, jika si pendonor mendonorkan darahnya secara rutin. Apa saja sih manfaat yang dapat diterima oleh si pendonor darah?

Manfaat Donor Darah bagi si Pendonor Rutin

Berikut beberapa manfaat donor darah yang sudah kami rangkum:

Manfaat Donor Darah

Manfaat Donor Darah

- Mengetahui golongan darah

Sebelum kamu mentransfusikan darah kamu, otomatis kamu harus mengetahui golongan darah kamu agar dicocokan dengan pasien penerima donor darah yang membutuhkan. Mengetahui golongan darah sangat penting loh, seperti untuk mengetahui sifat-sifat khas kamu yang dipengaruhi golongan darah, makanan dan minuman apa saja yang baik untuk kamu dan perlu kamu hindari, serta aktifitas apa saja yang baik untuk kamu dengan golongan darah tertentu.

- Memeriksakan kesehatan secara teratur

Pendonor darah akan diperiksa terlebih dahulu kesehatannya. Seperti tekanan darahnya, berat badan, suhu tubuh, tinggi badan, hemoglobin, penyakit dalam, hepatitis hingga HIV dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot pergi ke dokter untuk memeriksa kesehatan kamu secara rutin. Dengan mendonorkan darah secara otomatis kamu pun memeriksakan kesehatanmu.

manfaat donor darah bagi tubuh

manfaat donor darah bagi tubuh

- Menyeimbangkan zat besi

Saat mendonorkan darah, maka tubuh kamu akan terdorong untuk melakukan pergantian sel darah baru dengan cepat. Hal ini dilakukan oleh tubuh kamu sebagai bentuk penyesuaian tubuh. Nah, Seperti yang kita ketahui bahwa sel darah merah mengandung hemoglobin yang dibentuk oleh zat besi. Karena sel baru tersebut, kamu akan merasa segar dan badanmu akan terasa lebih sehat, dan kandungan zat besi dalam tubuhmu akan seimbang.

- Mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, kanker, dan menurunkan kolesterol

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mendonorkan darah bisa mendorong pergantian sel darah yang baru. Nah hal ini bisa meningkatkan produksi sel darah merah dan menjaga kesehatan sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah yang sehat ini lah yang bisa mengurangi resiko penyakit yang fatal seperti penyakit jantung dan stroke, mencegah tumbuhnya kanker, dan juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa resiko terkena kanker akan berkurang saat zat besi dalam tubuh kamu seimbang dan terkontrol dengan baik. Yang mana, menyeimbangkan zat besi ini bisa dilakukan dengan donor darah.

- Mengontrol tekanan darah

Selain mencegah dan mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, kanker, dan kolesterol tinggi, sistem peredaran darah yang sehat juga berarti tekanan darah yang sehat. Maka, donor darah bisa mengontrol tekanan darah kamu.

- Meningkatkan fungsi paru-paru dan ginjal

Sistem peredaran darah yang sehat juga bisa meningkatkan fungsi paru-paru dan ginjal loh. Alhasil, paru-paru dan ginjal kamu bisa terjaga kesehatannya dan meningkat fungsinya dengan mendonorkan darah secara rutin.

- Membuat hidup lebih bahagia

Percaya atau tidak, ternyata donor darah juga memberikan efek psikologis yang baik loh untuk kamu. Karena tubuh kamu yang sehat, segar dan terhindar dari resiko penyakit kronis di atas, secara tidak langsung tubuh kamu telah mendapatkan kesehatan psikologis. Selain itu, kamu juga bisa membantu sesama tanpa haru mengeluarkan banyak uang dan tenaga. Dengan membantu sesama yang membutuhkan bukankah kita akan merasa lebih bahagia?

Manfaat donor darah banyak sekali kan. Masih banyak lagi manfaat donor darah lainnya. Jadi, tunggu apa lagi, donor kan darahmu secara rutin ya.